4 Level Penyakit Dalam Holistik

4 Level Penyakit

4 level penyakit dalam holistik

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Setiap penyakit mempunyai tahapanya masing – masing dimulai dari tingkat terluar tubuh yaitu permukaan berupa kulit dan masuk kedalam lagi.

Dalam pengobatan tradisional dikenal empat tahap / level penyakit, yaitu tahap Wei, Qi, Ying dan Xue. Empat tahap ini digunakan untuk menggambarkan kedalaman dan perkembangan penyakit demam akut. Jenis penyakit ini biasanya disebabkan oleh patogen panas dan bisa berkembang sedemikian rupa dikarenakan Zheng qi (qi-pertahanan) terlalu lemah untuk melindungi tubuh dari Xie Qi (Patogen).

Pemahaman terkait empat level adalah penting untuk menjadi deferensiasi  sehingga para praktisi pengobatan dapat menentukan herbal mana yang cocok untuk diresepkan. Secara umum tahap Wei lebih mudah diobati dengan pola makan maupun antibiotik. Sedangkan tahap Ying dan tahap Xue lebih tepat dengan herbal.

1. Tahap Wei adalah tahap defensif pada permukaan tubuh. Dalam hal ini terkait dengan permukaan terluar tubuh, yaitu ; kulit, otot, dan sendi. Biasanya masuknya angin dan panas yang mempengaruhi paru-paru.

Gejalanya diantaranya : demam tanpa menggigil, sakit kepala karena serangan angin panas, batuk dengan dahak kuning kental, sakit tenggorokan, tidak berkeringat. Lidah: badan lidah, ujung dan sisi lidah merah. Selaput tipis, putih, atau kuning.

2. Tahap Qi meliputi organ internal termasuk paru-paru, lambung, usus besar. Pada tahap ini, patogen sudah masuk ke bagian yang lebih dalam. Patogen panas menyerang organ Zhang Fu. Gejala ekses terjadi karena patogen bertempur dengan kekebalan tubuh Zheng Qi. Tergantung organ mana yang diserang mengakibatkan gejala yang berbeda-beda. Organ dalam yang paling sering terkena adalah organ termasuk paru-paru, lambung, usus besar, kantung empedu dan limpa.

Gejalanya diantaranya : demam tinggi, keringat banyak, tidak menggigil justru cenderung tidak suka panas, haus berlebihan, cenderung suka minum dingin, batuk dengan dahak lengket , ashma maupun sesak nafas karena paru kekurangan energi. Mudah marah, sembelit dengan tinja keras. Cairan usus keluar menjadi diare. Lidah : badan lidah merah, selaput kuning, kering, bahkan bisa menghitam karena panas pada perut. Nadi : cepat, besar dan dalam, menunjukkan penyakit dalam. Bisa juga cepat dan kuat menunjukkan sindrom panas.

Masih ada dua tahapan / level lagi, yaitu level Ying dan level Xue. Dimana level penyakit ini, sangat membutuhkan penanganan dengan tata laksana herbal. Pengetahuan terkait hal ini sungguh sangat kita perlukan sebagai praktisi pengobatan.  To be continued….(waroengsangdebu)

Nantikan 2 tahapan penyakit selanjutnya Empat Level Penyakit
Previous
Next Post »